Usability of
Interactive System
========================================================================
Introduction
Interaksi manusia
dan komputer adalah ilmu yang
mempelajari hubungan antara manusia dan
komputer seperti perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna
komputer agar mudah digunakan oleh manusia
Contoh :
- UPS kurir tidak membawa komputer yang lebih portabel tetapi wearable
- Para pesaing menjadi mitra, misalnya Toyota dan Daihatsu, VW dan Subaru
- Dinding bangunan layar besar untuk iklan animasi
- Para intefaces pengguna memungkinkan untuk meningkatkan kegunaan
Usability
Usability adalah seperangkat atribut pada usaha yang
diperlukan untuk digunakan ketika penilaian penggunaan individu tersebut, oleh
seperangkat yang tersirat dari pengguna
Atribut-atribut :
- Understandability
- Operability
- Learn ability
- Attrativeness
Usability ada 3 macam yaitu :
A. Usability Goals and Measures
Tujuannya pada efektivitas, efisiensi, dan kepuasan. Tindakan
kegunaan (5 faktor manusia pusat evaluasi masyarakat):
*. Waktu untuk belajar
*. Kecepatan kinerja
*. Tingkat kesalahan oleh pengguna
*. Retensi dari waktu ke waktu
*. kepuasan subyektif
B. Usability
Motivations
·
Industrial and commercial systems:
*. Perbankan, asuransi,
order entry, manajemen persediaan, pemesanan, penagihan, dan sistem
point-of-sales
*. Kemudahan belajar penting untuk mengurangi biaya pelatihan
*. Kecepatan dan kesalahan Tarif relatif terhadap biaya
·
Office, Home and Entertainment Applications :
*. Pengolah kata, surat elektronik, konferensi komputer, dan sistem video
game, paket pendidikan, mesin pencari, perangkat mobile, dll
*. Kemudahan belajar, tingkat kesalahan rendah, dan kepuasan subyektif
adalah hal yang terpenting karena sering digunakan diskresioner dan persaingan
sengit
*. Penggunaan jarang dari beberapa aplikasi berarti interface harus
intuitif dan mudah digunakan bantuan online penting
C. Universal
Usability
·
Keragaman kemampuan manusia, latar belakang,
motivasi, kepribadian, budaya, dan gaya kerja adalah menantang bagi para
desainer antarmuka
·
Memahami perbedaan antara pengguna sangat
penting bagi partisipasi set luas pengguna
·
Penggunaan perangkat mobile telah mulai meminta
untuk desain yang dapat digunakan yang universal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar