Kamis, 07 November 2013

Bab 1 : Usability of Interactive System


Usability of Interactive System
========================================================================
Introduction
Interaksi manusia dan komputer adalah  ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer seperti perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia
Contoh :
  •   UPS kurir tidak membawa komputer yang lebih portabel tetapi wearable
  •  Para pesaing menjadi mitra, misalnya Toyota dan Daihatsu, VW dan Subaru
  • Dinding bangunan layar besar untuk iklan animasi
  • Para intefaces pengguna memungkinkan untuk meningkatkan kegunaan
Usability
Usability adalah seperangkat atribut pada usaha yang diperlukan untuk digunakan ketika penilaian penggunaan individu tersebut, oleh seperangkat yang tersirat dari pengguna

Atribut-atribut :
  • Understandability
  • Operability
  • Learn ability
  • Attrativeness
Usability ada 3 macam yaitu :
   A.      Usability Goals and Measures
Tujuannya pada efektivitas, efisiensi, dan kepuasan. Tindakan kegunaan (5 faktor manusia pusat evaluasi masyarakat):
*. Waktu untuk belajar
*. Kecepatan kinerja
*. Tingkat kesalahan oleh pengguna
*. Retensi dari waktu ke waktu
*. kepuasan subyektif

   B.      Usability Motivations
·         Industrial and commercial systems:
*. Perbankan, asuransi, order entry, manajemen persediaan, pemesanan, penagihan, dan sistem point-of-sales
*. Kemudahan belajar penting untuk mengurangi biaya pelatihan
*. Kecepatan dan kesalahan Tarif relatif terhadap biaya
·         Office, Home and Entertainment Applications :
*. Pengolah kata, surat elektronik, konferensi komputer, dan sistem video game, paket pendidikan, mesin pencari, perangkat mobile, dll
*. Kemudahan belajar, tingkat kesalahan rendah, dan kepuasan subyektif adalah hal yang terpenting karena sering digunakan diskresioner dan persaingan sengit
*. Penggunaan jarang dari beberapa aplikasi berarti interface harus intuitif dan mudah digunakan bantuan online penting

   C.      Universal Usability
·         Keragaman kemampuan manusia, latar belakang, motivasi, kepribadian, budaya, dan gaya kerja adalah menantang bagi para desainer antarmuka
·         Memahami perbedaan antara pengguna sangat penting bagi partisipasi set luas pengguna
·         Penggunaan perangkat mobile telah mulai meminta untuk desain yang dapat digunakan yang universal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar