==============================================
- Direct manipulation adalah Penyajian langsung aktifitas kepada pengguna (user) sehingga aktifitas akan dikerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan instruksi langsung yang ada pada layar komputer . Contohnya dari direct manipulation adalah
- Command-line vs display editor vs word processors
berorientasi baris dengan display kinerja meningkat dan waktu belajar berkur
- Yang dimana memiliki kelebihan sebagai berikut:
o Menampilkan dokumen dalam bentuk sebagaimana akan terlihat pada bentuk cetakan.
o Menampilkan aksi kursor yang terlihat.
o Mengendalikan kursor dengan cara yang jelas secara fisik dan alami intuitif.
o Menggunakan ikon berlabel.
o Menampilkan hasil aksi segera.
o Memberikan respons dan tampilan yang cepat.
o Memungkinkan aksi dibatalkan.
- Spreadsheet --> merupakan lembar kerja yang menampilkan dimana dapat dimanipulasi dalambentuk kolom dan baris. Dan juga mendukung formula ,makro dan grafik. Contohnya adalah VISICALC, Microsoft Excel, Lotus 1-2-3, Lotus Improv.
- Spatial data management
adalah ArcView GIS dari ESRI, Inc.
- Video games
langsung terlihat . Contohnya adalah seperti Nitendo Wii,Playstation, Xbox.
- Computer-aided design (CAD)
biasanya berhubungan dengan Computer-Aided Manufacturing (CAM).
- Office automation
Keuntungannya :
~. Kompatibilitas kendali dan tampilan.
~. Lebih sedikit sintaks, karena itu tingkat kesalahan berkurang.
~. Lebih banyak pencegahan kesalahan.
~. Lebih cepat dipelajari dan lebih mudah diingat
~. Mendorong penjelajahan.
Kekurangannya :
- Memakan lebih banyak sumber daya sistem.
- Beberapa aksi menyusahkan.
- Teknik makro sering lemah.
- Sulit dicatat dan ditelusuri.
- Sulit digunakan oleh pemakai yang pengelihatannya terganggu.
Masalah-masalah pada Direct Manipulation
Masalah-masalah yang terdapat pada direct manipulasi adalah
~. Representasi visual atau visual dapat terlalu menyebar.
~. Pemakai harus mempelajari arti komponen-komponen representasi visual.
~. Representasi visual dapat menyesatkan.
~. Mengetik perintah di keyboard bisa lebih cepat.
~. Flowchart dan database –schema yang tinggi dapat menyebabkan kebingungan
Prinsip Direct Manipulation
Prinsip-prinsip pada Direct Manipulation adalah
*. Representasi terus menerus dari objek dan tindakan kepentingan dengan metafora visual yang bermakna.
*. Tindakan fisik atau menekan tombol berlabel, bukan sintaks yang kompleks.
*. Cepat, tindakan reversibel yang efeknya pada obyek yang menarik terlihat segera.
Virtual Environments
*. Merupakan sebuah teknik untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari
bagaimana cara sistem lain, aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut.
*. Hal ini termasuk membuat sebuah sumber daya tunggal (seperti server, sebuah sistem operasi, sebuah
aplikasi, atau peralatan penyimpanan terlihat berfungsi sebagai beberapa sumber daya logikal atau dapat
juga termasuk definisi untuk membuat beberapa sumber daya fisik (seperti beberapa peralatan
penyimpanan atau server) terlihat sebagai satu sumber daya logikal.
bagaimana cara sistem lain, aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut.
*. Hal ini termasuk membuat sebuah sumber daya tunggal (seperti server, sebuah sistem operasi, sebuah
aplikasi, atau peralatan penyimpanan terlihat berfungsi sebagai beberapa sumber daya logikal atau dapat
juga termasuk definisi untuk membuat beberapa sumber daya fisik (seperti beberapa peralatan
penyimpanan atau server) terlihat sebagai satu sumber daya logikal.
*, Sifat-sifat manipulasi langsung yang memberi keuntungan:
- Pemula dapat belajar dengan cepat.
- Ahli dapat bekerja dengan cepat.
- Pemakai intermittent dapat mempertahankan konsep operasional.
- Pesan kesalahan jarang dibutuhkan.
- Pemakai langsung melihat jika aksi malah memperjauh tujuan mereka.
- Lebih sedikit ketegangan.
- Pemakai lebih percaya diri dan menguasai sistem.
Interface building –tools
Visual thinking and icon
*. Konsep bahasa visual dan pemikiran visual diajukan oleh Rudolf Arnheim (1972). Ikon adalah gambar
atau simbol yang mewakili suatu konsep. Pedoman perancangan ikon:
atau simbol yang mewakili suatu konsep. Pedoman perancangan ikon:
~. Representasikan objek atau aksi dengan cara yang dikenal.
~. Batasi jumlah ikon yang tampil.
~. Buat agar ikon jelas terlihat dari latar belakangnya.
~. Pertimbangkan ikon tiga dimensi: menarik tapi bisa mengalihkan perhatian.
~. Pastikan ikon yang terpilih jelas ketika dikelilingi yang tidak terpilih.
~. Pastikan ikon dapat dibedakan dari yang lain.
~.Pastikan keselarasan setiap ikon sebagai anggota kelompok ikon.
~. Rancang animasi pergerakan ikon.
~. Tambahkan informasi rinci.
~. Pikirkan penggunaan kombinasi ikon untuk menciptakan objek atau aksi baru.
3D interface
*. Merupakan tampilan 3D yang menggunakan aspek 3 dimensi pada user terhadap computer. Fitur-fitur yang digunakan untuk 3D yang efektif :
~. Gunakan oklusi, bayangan, perspektif, dan teknik 3D lainnya dengan hati-hati.
~. Minimalkan jumlah langkah navigasi bagi pengguna untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka.
~. Jauhkan teks yang dapat dibaca.
~. Hindari kekacauan yang tidak perlu visual, gangguan, perubahan kontras, dan refleksi.
~. Menyederhanakan gerakan pengguna.
~. Mencegah kesalahan.
~. Menyederhanakan gerakan objek
~. Mengatur kelompok item dalam struktur selaras untuk memungkinkan pencarian visual yang cepat.
~. Memungkinkan pengguna untuk membangun kelompok visual untuk mendukung ingat spasial.
~. Gunakan oklusi, bayangan, perspektif, dan teknik 3D lainnya dengan hati-hati.
~. Minimalkan jumlah langkah navigasi bagi pengguna untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka.
~. Jauhkan teks yang dapat dibaca.
~. Hindari kekacauan yang tidak perlu visual, gangguan, perubahan kontras, dan refleksi.
~. Menyederhanakan gerakan pengguna.
~. Mencegah kesalahan.
~. Menyederhanakan gerakan objek
~. Mengatur kelompok item dalam struktur selaras untuk memungkinkan pencarian visual yang cepat.
~. Memungkinkan pengguna untuk membangun kelompok visual untuk mendukung ingat spasial.
Teleoperation
*. Piranti dapat dioperasikan dari jarak jauh jika antarmuka pemakai yang memadai dapat dibangun.
*. Contohnya : telemedicine, yaitu perawatan medis melalui saluran komunikasi.Arsitektur lingkungan manipulasi angsung remote mempunyai beberapa faktor komplikasi:
*. Contohnya : telemedicine, yaitu perawatan medis melalui saluran komunikasi.Arsitektur lingkungan manipulasi angsung remote mempunyai beberapa faktor komplikasi:
~. Penundaan waktu (penundaan transmis dan penundaan operasi)
~. Umpan balik yang tidak lengkap.
~. Umpan balik dari berbagai sumber.
~. Interferensi yang tidak diantisipasi.
Virtual dan Augmented Reality
*. Virtual reality (kenyataan maya) : lingkungan buatan yang diciptakan dengan hardware dan software dan dipresentasikan kepada pemakai dengan cara sedemikian sehingga lingkungan tersebut tampil dan terasa seperti lingkungan asli.
*. Augmented reality: dunia nyata dengan lapisan tambahan informasi.
*. Situational awareness: informasi tentang dunia nyata di sekitar pemakai dengan mendeteksi pergerakan dan lokasi.
*. Lingkungan maya yang berhasil tergantung dari integrasi berbagai teknologi Visual display (biasanya ditempatkan di kepala sebagai head mounted display) :
~.Head-position sensing.
~. Hand-position sensing.
~. Force feedback.
~. Sound input and output.
~. Sensasi lainnya (getaran, suhu, bau).
~. Cooperative and competitive VR.
~.Head-position sensing.
~. Hand-position sensing.
~. Force feedback.
~. Sound input and output.
~. Sensasi lainnya (getaran, suhu, bau).
~. Cooperative and competitive VR.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar