Minggu, 19 Januari 2014

Bab 7 : Interaction Devices

A.    Keyboard
Keyboard merupakan salah satu perangkat keras komputer yang memiliki bermacam-macam tombol dan memiliki fungsi yang berbeda tergantung pada penekanannya yang dapat menghasilkan proses sesuai dengan kemauan kita.

Beberapa layouts keyboard :
·                     *. QWERTY layout à Huruf - huruf yang sering digunakan dan ditempatkan berjauhan untuk                    meningkatkan jarak pergerakan jari


·                  *.Dvorak layout  à Tidak diterima dikalangan masyarakat karena user tidak bersedia untuk                    berpindak dari qwerty karena dianggap qwerty lebih nyaman saat digunakan.



·                  *.ABCDE layout à 26 huruf alfabet ditempatkan secara berurutan, sehingga orang-orang           yang susah mengetik bisa mengetahui lokasi setiap hurufnya
.


B.      Jenis keyboard dan keypad, antara lain :
·            Wireless or foldable keyboards

·            Virtual keyboards


·             Cloth keyboards


·             Soft keys


·            Pens and touchscreens 

C.      Pointing Devices 
·            Digunakan untuk menunjuk dan memilih di layar pada sistem manipulasi langsung.
·            Terdapat 6 tipe dalam interaksi tasks, yaitu :
1. Select: memilih dari seperangkat item.
2. Position: memindahkan titik pada ruang berdimensi satu, dua, tiga, atau lebih.
3. Orient: memilih arah pada ruang berdimensi satu, dua, tiga, atau lebih.
4. Path: serangkaian operasi position dan orient yang cepat untuk membentuk jalur/kurva.
5. Quantify: menentukan nilai numerik.
6. Text: menandai lokasi penyisipan, penghapusan, perubahan teks.
·            Beberapa kriteria yang perlu diperhatikan oleh pointing devices adalah :
1. Kecepatan dan akurasi
2. Kesesuaian dengan pekerjaan
3. Waktu pembelajaran
4. Cost dan realibilitas
5. Ukuran dan berat

·            Direct poiting device
*. Adalah yaitu kendali langsung dari permukaan layar.
*. Jenis – jenis direct pointing devices, yaitu :
a.   Light pen à  Menunjuk langsung ke layar dengan pena yang mempunyai sel sensitif cahaya.


b.  Touch screen à  Langsung menyentuh layar dengan jari.

c.   Stylusà  Alat yang digunakan untuk menyentuh touch screen pada palmtop. 


·            Indirect pointing device
*. adalah kendali tak langsung, terpisah dari permukaan layar.
*. Jenis – jenis indirect pointing devices, yaitu :
a.   Mouse

b.  Trackball

c.   Joystick

d.  Trackpoint (pointing stick)



e.  Graphics tablet





f.    Touchpad


·        Perbandingan dari pointing devices
Factor manusia :                                                                      factor lainnya :
- Kecepatan gerak dlmjarak pendek dan jauh                           -. Biaya
- Akurasi posisi                                                                        -. Daya tahan
- Tingkat kesalahan                                                                  -. Kebutuhan ruang
- Waktu pembelajaran                                                              -. Berat
- User statisfaction

·        Perbandingan dari penggunaan tangan kiri dan kanan
Hukum fitts untuk pointing device yaitu Digunakan untuk memperkirakan waktu untuk memindahkan kursor dalam menunjuk target tertentu.
Bila D = jarak dan W = lebar target:
– Index of difficulty = 2log (2D/W)
– Time to point = C1 + C2 (IOD) detik C1 dan C2: konstanta tergantung piranti.
– Untuk presisi tinggi:
Time for precision pointing = C1 + C2 (IOD) + C3 2log (C4/W)
·        Speech and auditory interfaces à adalah interface dimana dilakukan pengenalan bahasa natural dengan cara store and forward. Sistem ini memiliki biaya rendah dan cukup dapat diandalkan. Ada beberapa jenis, yaitu :
– Discrete-word recognition
à digunakan untuk mengenali kata yang diucapkan orang satu per satu.
– Speech recognition
à digunakan untuk mengenali kata-kata yang diucapkan secara normal.
– Speech store and forward
à digunakan untuk penyimpanan dan pengiriman kembali pesan yang diucapkan.
– Speech generation
à digunakan agar komputer menghasilkan ucapan. Disukai untuk keadaan tertentu
– Audio tones, audiolization, music, Umpan balik berupa suara (bukan ucapan). 

·        Visual Display Unit (VDU) adalah sumber umpan balik utama bagi pemakai dari komputer.
• Bentuknya:
   – Monitor
   – Fotografi digital: Download ke komputer mudah.
   – Video digital: Videodisk, CD-ROM, DVD-ROM.
   – Proyektor
   – Heads-up displays: pada kaca mobil/pesawat.
   – Helmet-mounted display.
·        Layar tampilan menjadi sumber utama untuk memberikan feedback pada user. Beberapa fitur yang penting diperhatikan adalah :
1. Dimensi fisik (biasanya dimensi diagonal dan ketebalan)
2. Resolusi
3. Jumlah warna yang tersedia
4. Luminansi, kontrast, dan pantulan
5. Konsumsi daya
6. Refresh rate
7. Biaya
8. Realibilitas
·         Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih layar tampilan yang digunakan :
1. Portability
2. Privacy
3. Saliency
4. Ubiquity
5. Simultaneity

·        Teknologi display
*. Raster-scan cathode ray tube (CRT) 
   – Senapan elektron menyapukan pixel.
   – Refresh rate yang lebih tinggi disukai.
*. Liquid-crystal displays (LCD) 
   – Perubahan tegangan mempengaruhi polarisasi kapsul kristal cair.
*. Plasma panel
   – Gas neon dipendarkan oleh arus listrik.
*. Light-emitting diodes (LED) 
   - Diode dinyalakan oleh arus listrik
*. Electronic innk
*. Braille display
*. Large display
*. Heads-up and helmet mounted display


·        Beberapa jenis printer
*. Dot-matrix printer
   – Menggunakan pita bertinta.
*. Inkjet printer
  – Tidak berisik, kualitas cetakan baik.
*. Thermal printer
   – Tidak berisik, murah.
   – Menggunakan kertas khusus (berlilin) atau kertas biasa.
*. Laser printer
   – Hasil berkualitas tinggi.
*. Plotter
   – Menggunakan pena untuk menggambar di atas gulungan kertas.
*. Photographic printer
   – Menghasilkan slide dan cetakan foto.
*. Newspaper/magazine-layout systems
   – Hasil berkualitas produksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar