A.
Keyboard
Keyboard merupakan salah satu perangkat keras komputer yang memiliki bermacam-macam tombol dan memiliki fungsi yang berbeda tergantung pada penekanannya yang dapat menghasilkan proses sesuai dengan kemauan kita.
Beberapa layouts keyboard :
Keyboard merupakan salah satu perangkat keras komputer yang memiliki bermacam-macam tombol dan memiliki fungsi yang berbeda tergantung pada penekanannya yang dapat menghasilkan proses sesuai dengan kemauan kita.
Beberapa layouts keyboard :
· *. QWERTY
layout à Huruf - huruf yang sering digunakan dan ditempatkan
berjauhan untuk meningkatkan jarak pergerakan jari
· *.Dvorak
layout à Tidak diterima dikalangan masyarakat karena
user tidak bersedia untuk berpindak dari qwerty karena dianggap qwerty lebih
nyaman saat digunakan.
· *.ABCDE
layout à 26 huruf alfabet ditempatkan secara berurutan, sehingga
orang-orang yang susah mengetik bisa mengetahui lokasi setiap hurufnya
.
B.
Jenis keyboard dan
keypad, antara lain :
·
Wireless or foldable
keyboards
·
Virtual keyboards
·
Cloth keyboards
·
Soft keys
·
Pens and
touchscreens
C.
Pointing Devices
·
Digunakan untuk
menunjuk dan memilih di layar pada sistem manipulasi langsung.
·
Terdapat 6 tipe dalam
interaksi tasks, yaitu :
1. Select: memilih dari seperangkat item.
2. Position: memindahkan titik pada ruang berdimensi satu, dua, tiga, atau lebih.
3. Orient: memilih arah pada ruang berdimensi satu, dua, tiga, atau lebih.
4. Path: serangkaian operasi position dan orient yang cepat untuk membentuk jalur/kurva.
5. Quantify: menentukan nilai numerik.
6. Text: menandai lokasi penyisipan, penghapusan, perubahan teks.
1. Select: memilih dari seperangkat item.
2. Position: memindahkan titik pada ruang berdimensi satu, dua, tiga, atau lebih.
3. Orient: memilih arah pada ruang berdimensi satu, dua, tiga, atau lebih.
4. Path: serangkaian operasi position dan orient yang cepat untuk membentuk jalur/kurva.
5. Quantify: menentukan nilai numerik.
6. Text: menandai lokasi penyisipan, penghapusan, perubahan teks.
·
Beberapa kriteria yang
perlu diperhatikan oleh pointing devices adalah :
1. Kecepatan dan
akurasi
2. Kesesuaian dengan
pekerjaan
3. Waktu pembelajaran
4. Cost dan
realibilitas
5. Ukuran dan berat
·
Direct poiting device
*. Adalah yaitu
kendali langsung dari permukaan layar.
*. Jenis – jenis direct
pointing devices, yaitu :
a.
Light pen à Menunjuk langsung ke layar dengan pena yang
mempunyai sel sensitif cahaya.
b.
Touch screen à Langsung menyentuh layar dengan jari.
c.
Stylusà Alat
yang digunakan untuk menyentuh touch screen pada palmtop.
·
Indirect pointing
device
*. adalah kendali tak
langsung, terpisah dari permukaan layar.
*. Jenis – jenis indirect
pointing devices, yaitu :
a.
Mouse
b.
Trackball
c.
Joystick
d.
Trackpoint (pointing
stick)
e.
Graphics tablet
f.
Touchpad
·
Perbandingan dari
pointing devices
Factor manusia : factor lainnya :
- Kecepatan gerak dlmjarak pendek dan jauh -. Biaya
- Akurasi posisi -. Daya tahan
- Tingkat kesalahan -. Kebutuhan ruang
- Waktu pembelajaran -. Berat
- User statisfaction
Factor manusia : factor lainnya :
- Kecepatan gerak dlmjarak pendek dan jauh -. Biaya
- Akurasi posisi -. Daya tahan
- Tingkat kesalahan -. Kebutuhan ruang
- Waktu pembelajaran -. Berat
- User statisfaction
·
Perbandingan dari penggunaan
tangan kiri dan kanan
Hukum fitts untuk pointing device yaitu Digunakan untuk memperkirakan waktu untuk memindahkan kursor dalam menunjuk target tertentu.
Bila D = jarak dan W = lebar target:
– Index of difficulty = 2log (2D/W)
– Time to point = C1 + C2 (IOD) detik C1 dan C2: konstanta tergantung piranti.
– Untuk presisi tinggi:
Time for precision pointing = C1 + C2 (IOD) + C3 2log (C4/W)
Hukum fitts untuk pointing device yaitu Digunakan untuk memperkirakan waktu untuk memindahkan kursor dalam menunjuk target tertentu.
Bila D = jarak dan W = lebar target:
– Index of difficulty = 2log (2D/W)
– Time to point = C1 + C2 (IOD) detik C1 dan C2: konstanta tergantung piranti.
– Untuk presisi tinggi:
Time for precision pointing = C1 + C2 (IOD) + C3 2log (C4/W)
·
Speech and auditory
interfaces à adalah interface dimana dilakukan pengenalan
bahasa natural dengan cara store and forward. Sistem ini memiliki biaya rendah
dan cukup dapat diandalkan. Ada beberapa jenis, yaitu :
– Discrete-word recognitionà digunakan untuk mengenali kata yang diucapkan orang satu per satu.
– Speech recognitionà digunakan untuk mengenali kata-kata yang diucapkan secara normal.
– Speech store and forward à digunakan untuk penyimpanan dan pengiriman kembali pesan yang diucapkan.
– Speech generation à digunakan agar komputer menghasilkan ucapan. Disukai untuk keadaan tertentu
– Audio tones, audiolization, music, Umpan balik berupa suara (bukan ucapan).
– Discrete-word recognitionà digunakan untuk mengenali kata yang diucapkan orang satu per satu.
– Speech recognitionà digunakan untuk mengenali kata-kata yang diucapkan secara normal.
– Speech store and forward à digunakan untuk penyimpanan dan pengiriman kembali pesan yang diucapkan.
– Speech generation à digunakan agar komputer menghasilkan ucapan. Disukai untuk keadaan tertentu
– Audio tones, audiolization, music, Umpan balik berupa suara (bukan ucapan).
·
Visual
Display Unit (VDU) adalah sumber
umpan balik utama bagi pemakai dari komputer.
• Bentuknya:
– Monitor
– Fotografi digital: Download ke komputer mudah.
– Video digital: Videodisk, CD-ROM, DVD-ROM.
– Proyektor
– Heads-up displays: pada kaca mobil/pesawat.
– Helmet-mounted display.
• Bentuknya:
– Monitor
– Fotografi digital: Download ke komputer mudah.
– Video digital: Videodisk, CD-ROM, DVD-ROM.
– Proyektor
– Heads-up displays: pada kaca mobil/pesawat.
– Helmet-mounted display.
·
Layar tampilan menjadi
sumber utama untuk memberikan feedback pada user. Beberapa fitur yang penting
diperhatikan adalah :
1. Dimensi fisik (biasanya dimensi diagonal
dan ketebalan)
2. Resolusi
3. Jumlah warna yang tersedia
4. Luminansi, kontrast, dan pantulan
5. Konsumsi daya
6. Refresh rate
7. Biaya
8. Realibilitas
·
Beberapa hal yang
perlu diperhatikan untuk memilih layar tampilan yang digunakan :
1. Portability
2. Privacy
3. Saliency
4. Ubiquity
5. Simultaneity
·
Teknologi display
*. Raster-scan cathode ray tube (CRT)
– Senapan elektron menyapukan pixel.
– Refresh rate yang lebih tinggi disukai.
*. Liquid-crystal displays (LCD)
– Perubahan tegangan mempengaruhi polarisasi kapsul kristal cair.
*. Plasma panel
– Gas neon dipendarkan oleh arus listrik.
*. Light-emitting diodes (LED)
- Diode dinyalakan oleh arus listrik
*. Raster-scan cathode ray tube (CRT)
– Senapan elektron menyapukan pixel.
– Refresh rate yang lebih tinggi disukai.
*. Liquid-crystal displays (LCD)
– Perubahan tegangan mempengaruhi polarisasi kapsul kristal cair.
*. Plasma panel
– Gas neon dipendarkan oleh arus listrik.
*. Light-emitting diodes (LED)
- Diode dinyalakan oleh arus listrik
*. Electronic innk
*. Braille display
*. Large display
*. Heads-up and helmet mounted display
·
Beberapa jenis printer
*. Dot-matrix printer
– Menggunakan pita bertinta.
*. Inkjet printer
– Tidak berisik, kualitas cetakan baik.
*. Thermal printer
– Tidak berisik, murah.
– Menggunakan kertas khusus (berlilin) atau kertas biasa.
*. Laser printer
– Hasil berkualitas tinggi.
*. Plotter
– Menggunakan pena untuk menggambar di atas gulungan kertas.
*. Photographic printer
– Menghasilkan slide dan cetakan foto.
*. Newspaper/magazine-layout systems
– Hasil berkualitas produksi.
*. Dot-matrix printer
– Menggunakan pita bertinta.
*. Inkjet printer
– Tidak berisik, kualitas cetakan baik.
*. Thermal printer
– Tidak berisik, murah.
– Menggunakan kertas khusus (berlilin) atau kertas biasa.
*. Laser printer
– Hasil berkualitas tinggi.
*. Plotter
– Menggunakan pena untuk menggambar di atas gulungan kertas.
*. Photographic printer
– Menghasilkan slide dan cetakan foto.
*. Newspaper/magazine-layout systems
– Hasil berkualitas produksi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar